Adaptasikan Pariwisata DIY dengan Pandemi, Sultan Luncurkan Visiting Jogja

Adaptasikan Pariwisata DIY dengan Pandemi, Sultan Luncurkan Visiting Jogja Gubernur DIY, Sri Sultan HB X bersama pejabat setempat saat meluncurkan Visiting Jogja. Foto: twitter @Humas_jogja

Yogyakarta, Pos Jateng - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperkenalkan aplikasi terbaru bernama Visiting Jogja, Kamis (30/12). Aplikasi tersebut memuat informasi seperti destinasi wisata favorit, ragam budaya, event, serta berbagai ekonomi kreatif yang ada di DIY.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan, aplikasi tersebut juga sebagai bentuk adaptasi pemerintah menjalankan pariwisata di masa pandemi Covid-19. Terlebih pariwisata merupakan sektor penting dalam pembangunan di wilayahnya.

"Pandemi Covid-19 menimbulkan perlambanan yang signifikan secara multiplier effect kepada sektor yang terhubung langsung dengan pariwisata seperti perhotelan, industri kuliner, transportasi, destinasi wisata, bahkan sektor konsumsi rumah tangga. Visiting Jogja merupakan upaya dalam meningkatkan pariwisata di DIY,” kata Sultan saat meluncurkan Visiting Jogja.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharjo mengatakan, terdapat peta ratusan destinasi wisata di aplikasi Vising Jogja. Selain peta, pengunjung bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk kebutuhan pebelian paket wisata dan tempat menginap.

Aplikasi Visiting Jogja juga merupakan satu-satunya aplikasi di DIY yang telah terintegrasi dengan sistem PeduliLindungi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sistem skrining awal kesehatan bagi wisatawan.

"Terdapat 255 destinasi pariwisata, 9 paket wisata dan reservasi pembelian tiket event, ada 19 event, 110 hotel dan 65 kuliner. Selain itu dalam aplikasi VisitingJogja juga terdapat fitur reservasi destinasi wisata atau event, diskon, serta terdapat QR code PeduliLindungi," jelasnya.

Aplikasi tersebut juga mampu membantu Pemda DIY mengetahui data profil wisatawan yang akan berkunjung, data PAD wisata secara real time dan semuanya terpantau secara online.