2023, Sragen Dapat Distribusi Air 100 Liter per Detik

2023, Sragen Dapat Distribusi Air 100 Liter per Detik Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, Jateng. (Foto: flickriver.com)

Sragen - Sistem Penyediaan Air Minum Regional Wonogiri, Solo, Sukoharjo, Karanganyar, dan Sragen (SPAM Wososukas) tahap dua, diklaim akan mendistribusikan 100 liter per detik ke "Bumi Sukowati" pada 2023. Sumber air dari Waduk Gajah Mungkur.

"Setidaknya bisa melayani untuk 10 ribu sambungan. Kami rencanakan untuk masyarakat yang ada di wilayah Masaran dan Sidoharjo," ujar Direktur Utama PDAM Tirto Negoro, Supardi, baru-baru ini.

Kedua wilayah itu dipilih, karena paling dekat. Air Waduk Gajah Mungkur harus dipompaberkali-kali untuk sampai Sragen. "Butuh tiga atau empaat kali pemompaan. Ini membuat biaya jadi tinggi," terangnya.

PDAM Jawa Tengah (Jateng) akan mengelolanya kelak. PDAM Tirto Negoro nanti menjadi pembeli. "Nilai nominalnya sebesar yang sudah ada di memorandum of understanding," katanya.

Supardi menjelaskan, kerja sama seperti itu sudah terjadi di berbagai wilayah di Jateng. PDAM Tirto Negoro harus menjual seluruhnya, agar tak merugi.