Tiga Pasar Rakyat di Kota Yogyakarta Segera Dilengkapi Zona Ekonomi Kreatif

Disdag Kota Yogyakarta mengembangkan zona ekonomi kreatif di tiga pasar rakyat, yaitu Pasar Prawirotaman, Pasty, dan Beringharjo.
Kamis, 13 Okt 2022 16:09 WIB Author - Dina Rizky Fitriyanti

Kota Yogyakarta, Pos Jateng Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Perdagangan mengembangkan zona ekonomi kreatif di tiga pasar rakyat, yaitu Pasar Prawirotaman, Pasty, dan Beringharjo. Ketiga pasar tersebut akan dilengkapi panggung atau atrium, area bermain skateboard, dan lain sebagainya.

Kepala Disdag Kota Yogyakarta, Veronica Ambar mengatakan, pihaknya tengah mengkaji pengembangan ekonomi kreatif, mulai dari konsep, pola, dan rincian tahapan pengembangan, untuk diterapkan di tiga pasar tersebut.

Yang akan kita kembangkan ekonomi kreatif prioritas ada di tiga pasar yaitu Pasar Pasty, Prawirotaman dan Beringharjo. Itu titik lokus yang lebih siap. Targetnya akhir Oktober kajian ini sudah selesai sehingga tahun bisa dilaksanakan, paparnya saat forum group discussion (FGD) pengembangan ekonomi kreatif di pasar rakyat, Rabu (12/10).

Veronica menambahkan, subsektor ekonomi kreatif yang paling berkembang di Kota Yogyakarta adalah kuliner, fesyen, kriya, dan seni pertunjukan. Untuk Pasar Pasty, akan dibangun area hobbies and family karena memilki produk tanaman hias, satwa, kuliner, area skateboard, panggung, dan ruang edukasi anak.

Jadi nanti satu keluarga saat datang ke Pasthy bisa menikmati semuanya. Teman-teman pedagang sudah main ketoprak di sana beberapa waktu lalu. Beberapa sekolah dan masyarakat sudah gunakan panggung untuk Latihan seni pertunjukan, imbuhnya.

Baca juga :