Terjadi 395 Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api

Sebanyak 59 korban di antaranya dinyatakan meninggal dunia
Jumat, 03 Mei 2019 15:18 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Kebumen - Terjadi 395 kecelakaan yang melibatkan pengendara di perlintasan kereta api (KA) selama 2018. Sebanyak 59 korban dinyatan meninggal dunia. Sedangkan 109 orang lainnya mengalami luka berat dan 77 jiwa luka ringan.

Karenanya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Ditjen KA Kemenhub) mengadakan Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta. Seperti di perlintasan sebidang Desa Klepusanggar, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (3/5).

Ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di perlintasan kereta api yang dilaksanakan oleh semua pemangku kepentingan. Sesuai tugas pokok dan kewenangan masing-masing, ujar Kasubdit Pencegahan dan Penegakan Hukum Direktorat Keselamatan Ditjen KA Kemenhub, Prawoto, baru-baru ini.

Kegiatan turut diisi peresmian pemasangan rambu dan spanduk imbauan agar berhati-hati saat melintasi perlintasan KA. Juga sosialisasi melalui pembagian stiker kepada pengendara yang melintas.

Dia menambahkan, peningkatan keselamatan di perlintasan KA melalui 10 kegiatan. Melengkapi fasilitas, evaluasi berkala, memperbaikan jalan, dan penempatan petugas penjaga.

Baca juga :