Tambah Pasokan Jelang Lebaran, Pemkab Batang Panen 7 Ton Cabai

Pemkab Batang memanen 6-7 ton cabai dari lahan seluas 0,70 hektare milik Komando Distrik Militer (Kodim) 0736/ Batang di Desa Rowobelang.
Kamis, 20 Apr 2023 16:15 WIB Author - Elizabeth Widya Nidianita

Batang, Pos Jateng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang memanen 6-7 ton cabai dari lahan seluas 0,70 hektare milik Komando Distrik Militer (Kodim) 0736/ Batang di Desa Rowobelang. Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengatakan, meski belum maksimal hasil panen ini dapat menambah pasokan jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H.

Alhamdulillah hasilnya cukup bagus, meskipun belum maksimal, karena terkendala cuaca yang kadang hujan deras hingga banjir, panas yang cukup terik dan serangan hama patek, yang mengakibatkan beberapa tanaman cabai tumbuh tidak maksimal, tutur Lani seperti dikutip dari batangkab.go.id, saat Panen Perdana Desa Rowobelang, Rabu (19/4).

Lani menambahkan, panen perdana ini terlaksana atas dukungan dari berbagai pihak, seperti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kodim, pengusaha dan rekan media Kabupaten Batang. Ia berharap masyarakat dapat mengetahui sekaligus mendukung sinergitas ini.

Panen perdana ini bisa dibilang cukup sukses, berkat kerja sama secara pentahelix yakni melibatkan Forkopimda, Kodim Batang, pengusaha, hingga rekan media yang mendukung dalam bentuk publikasi, agar masyarakat mengetahui informasi secara cepat, tepat dan dipastikan kebenarannya, papar Lani.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Distrik Militer (Dandim) Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman memaparkan, hasil panen ini akan didistribusikan ke pasar tradisional. Ia menambahkan harga cabai di Kabupaten Batang saat ini Rp 35 Ribu/Kg.

Baca juga :