Stop Buang Air Besar Sembarangan, Pemkab Pemalang Bentuk Tim Persiapan Verifikasi ODF

Pemkab Pemalang membentuk Tim Persiapan Verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (SBS), Sabtu (14/5).
Selasa, 17 Mei 2022 11:43 WIB Author - Rani Nurul Arifah

Kabupaten Pemalang, Pos Jateng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Sekretariat Daerah (Setda) membentuk Tim Persiapan Verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (SBS), Sabtu (14/5).

Tim Persiapan Verifikasi ODF tersebut akan dibentuk di seluruh desa di Kabupaten Pemalang dengan tujuan agar Pemalang mendapat predikat ODF.

Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten I Setda Pemalang, Tar Sidik mengatakan, verifikasi ODF akan dilaksanakan pada 25 Mei 2022. Oleh karena itu, Pemkab Pemalang membentuk tim untuk memastikan kesiapan semua desa dalam penilaian ODF.

Pembentukan Tim Persiapan Verifikasi ODF tersebut dilakukan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pemalang, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan penyuluh kesehatan.

Sidik juga menjelaskan tim penilai dari provinsi akan melakukan verifikasi ke enam desa di beberapa kecamatan. Pemilihan desa tersebut dilakukan secara acak, sehingga ia meminta seluruh pihak untuk saling berkoordinasi dalam mempersiapkan desa dalam penilaian ODF tersebut.

Baca juga :