Produk UMKM Surakarta Mulai Diekspor ke Kawasan Asia Tengah

Negara yang memesan produk lokal Surakarta yakni Jepang, Taiwan, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam hingga Kawasan Asia Tengah.
Rabu, 22 Des 2021 09:31 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Surakarta, Pos Jateng - Produk UMKM Kota Surakarta dalam bentuk barang konsumsi makanan dan minuman (consumer goods) mulai diekspor ke luar negeri. Negara yang memesan produk lokal Surakarta yakni Jepang, Taiwan, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam hingga Kawasan Asia Tengah seperti Qatar dan Oman.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming mengatakan, ekspor ini merupakan step up (naik kelas) UMKM lokal Surakarta di era globalisasi saat ini. Ia berharap, kegiatan ini juga bisa memacu geliat UMKM terus mengembangkan produknya agar bisa bersaing di pasar luar negeri.

Saya berharap semakin banyak UMKM Surakarta yang tergerak untuk meningkatkan kualitasnya, dan menunjukkan mutu barang asli Surakarta yang berdaya saing. Sehingga bisa diterima di luar negeri, kata Gibran dalam keterangannya di jatengprov.go.id, Selasa (21/12).

Gibran menjelaskan, pihaknya juga sudah memulai untuk membuka event-event dan mendorong pemulihan ekonomi, di antaranya dengan gelaran Solo Great Sale dan Talkshow Technolink.

Ia juga mengimbau UMKM di wilayahnya bisa melebarkan sayap hingga bisa menembus pasar ekspor.

Baca juga :