Pemkab Brebes Bantah Wilayahnya Masuk Daerah Miskin Ekstrem

Wakil Bupati Brebes, Narjo, membantah data kemiskinan yang menyebutkan Kabupaten Brebes menjadi salah satu daerah termiskin di Jawa Tengah.
Selasa, 05 Okt 2021 15:36 WIB Author - Dessy Nuraulia

Brebes, Pos Jateng Wakil Bupati Brebes, Narjo, membantah data kemiskinan yang menyebutkan Kabupaten Brebes menjadi salah satu daerah termiskin di Jawa Tengah.

Pernyataan tersebut merespons adanya data dari Badan Pusat Statistik pada yang menyebutkan 2020 sebanyak 308.780 orang atau 17,03 persen warga Brebes dikategorikan miskin.

Dari jumlah tersebut, sekitar 187.000 orang atau 10,34 persen disebut miskin ekstrem. Warga miskin ekstrem tersebut tersebar di hampir seluruh kecamatan.

Data dari pusat belum sinkron dengan kondisi riil di masyarakat. Sehingga sering ditemui, orang kelas menengah ke atas masih ada yang menerima bantuan dari pemerintah, ujar Narjo.

Menurut Narjo, Pemkab selama ini sudah melakukan berbagai upaya penanganan kemiskinan. Upaya tersebut di antaranya program padat karya melalui proyek APBD senilai Rp216 miliar dan Gerakan Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Satu Desa Dampingan.

Baca juga :