Pemerintah Wukirsari Sleman Amankan ODGJ yang Resahkan Warga Tanjung

ODGJ tersebut sudah diamankan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ghrasia Pakem.
Jumat, 25 Agst 2023 10:39 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Sleman, Pos Jateng - Pemerintah Kalurahan Wukirsari, Kabupaten Sleman berhasil mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang meresahkan warga Padukuhan Tanjung. Selama ini, ODGJ tersebut sering memaksa warga memberinya makan dan juga mengganggu pengendara yang melintas dengan meminta uang.

Dukuh Tanjung, Siti Asiyah, mengatakan ODGJ tersebut sudah diamankan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ghrasia Pakem. Pihak kalurahan dibantu oleh Polsek Cangkringan dan sejumlah santri Ponpes Al Qodir yang berada di lingkungannya.

Surat resmi pembawaan ODGJ ke RSJ dari Polsek. Sementara kita serahkan ke sana (RSJ Ghrasia), nanti penanganannya bisa dikoordinasikan ke Dinsos, kata Siti Asiyah kepada posjateng.id, Kamis (24/8).

Siti Asiyah menjelaskan, evakuasi ODGJ sempat diwarnai ketegangan. Saat tim melakukan tindakan persuasif, ODGJ mengancam petugas dengan menggunakan sebilah pisau.

ODGJ sempat mengancam petugas. Ia (ODGJ) lari dan menemukan pisau dan langsung diacungkan ke tim. Namun petugas dari Polsek Cangkringan sigap dan mengamankannya, katanya.

Baca juga :