Kota Semarang Sukses Tangani Pandemi Berkat Smart City

Kota Semarang dinilai sukses memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk menangani Covid-19 menggunakan sistem Smart City.
Jumat, 15 Okt 2021 13:52 WIB Author - Dessy Nuraulia

Kota Semarang, Pos Jateng Kota Semarang dinilai sukses memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk menangani Covid-19 menggunakan gagasan Sistem Kota Cerdas atau Smart City.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menekankan pembangunan Kota Cerdas ini fokus pada peningkatan kemampuan pemerintah untuk menangani dan memahami persoalan masyarakat serta memberikan solusi terbaik.

Dalam menghadapi pandemi diperlukan langkah yang tegas. Ketika wilayah kesehatan diserang, sistem kota cerdas harus mampu mengintegrasikan data ketersediaan tempat tidur rumah sakit secara menyeluruh, juga termasuk tempat isolasi terpusat, jelas Hendi dalam kegiatan Indo Smart City Forum dan Expo 2021, Rabu (13/10).

Di sisi lain, Hendi juga menegaskan bahwa pembangunan kota cerdas tidak harus mencontoh daerah lain, karena setiap wilayahan mempunyai tantangan dan karakteristik yang berbeda.

Termasuk di Kota Semarang, Hendi mengaku juga tidak mencontoh smart city di Australia atau Singapura, karena pasti membutuhkan uang yang tidak sedikit dalam pembangunannya.

Baca juga :