Kesbangpol Kendal Ajak Santri Perangi Paham Radikal di Lingkungan Pendidikan

Diharapkan peserta yang hadir dapat menjadi ujung tombak identifikasi paham radikal dan melakukan pencegahan di tengah masyarakat.
Rabu, 21 Des 2022 10:36 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Kendal, Pos Jateng - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kendal menggelar Sosialisasi Kewaspadaan Dini sebagai upaya mengantisipasi berkembangnya paham radikal di lingkungan pendidikan berbasis agama.

Kepala Kesbangpol Kendal, Suharjo menjelaskan, sosialisasi ini sebagai salah satu ikhtiar pemkab dalam mewujudkan keamanan daerah. Diharapkan peserta yang hadir dapat menjadi ujung tombak identifikasi paham radikal dan melakukan pencegahan di tengah masyarakat.

Saya mengajak para santri, lembaga maupun organisasi kemasyarakatan untuk ikut peran serta mencegah berkembangnya paham radikal. Maka, jika ada indikasi yang mencurigakan terkait paham radikal untuk bisa dilaporkan agar bisa dicegah sejak dini, kata Suharo di sela-sela sosialisasi, Selasa (20/12).

Pada kesempatan tersebut Suharjo juga berpesan, agar para peserta yang hadir berpegang teguh terhadap Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Paham radikal ini adalah paham yang bertentangan dengan ideologi Pacasila, sehingga harus dicegah secara bersama-sama, katanya.

Baca juga :