Empat Proyek Sumur Bor Wonogiri Putus Kontrak

Pemkab pun tak keluar duit karena tidak membayar uang muka
Kamis, 10 Jan 2019 14:22 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Wonogiri - Sebanyak empat dari 20 proyek sumur bor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogori, Jawa Tengah (Jateng), pada 2018 harus putus kontrak. Soalnya, rekanan gagal menemukan sumber air.

Keempat proyek itu di bawah naungan Dinas Pekerjaan Umum (PU) senilai Rp225 juta-Rp385 juta per pekerjaan. Lokasinya masing-masing satu di Selogiri dan Giriwoyo serta dua lainnya di Giritontro.

Saat melakukan pengeboran, kata Ketua Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Wonogiri, Amir Akbar Nurul Qomar, kontraktor mendapatkan kendala hingga akhir Desember 2018. Misalnya, debit air tak memadai, air mengandung merkuri, atau air mengalir ke rongga dalam tanah.

Namun, katanya, kontraktor tak melakukan kesalahan dalam melaksanakan proyek. Soalnya, pengeboran sesuai lokasi yang ditentukan. Pun begitu dengan pelaksana proyek, lantaran bekerja sesuai hasil kajian.

Pemkab juga tak kehilangan duit. Pasalnya, mengikuti saran TP4D, agar tak membayar uang muka karena proyek bersifat berjudi atau tidak dapat diprediksi.

Baca juga :