BMKG Cilacap: Waspadai El Nino

Teguh memperkirakan sawah tadah hujan bakal terdampak
Jumat, 11 Jan 2019 10:28 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Cilacap - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geogifika (BMKG) memprakirakan terjadi El Nino pada Januari-Februari 2019. Petani penggaran sawah tadah hujan pun diimbau mewaspadai dampaknya.

Meskipun kategorinya moderat, pengairan sawah tadah hujan mungkin sedikit terganggu, ujar Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meterologi BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo, di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), baru-baru ini.

El Nino juga berpotensi memengaruhi curah hujan. Biasanya setelah ada hujan, akan kering selama beberapa hari. Bahkan, kadang kondisi cuaca pada pagi hari hingga siang terlihat cerah dan terasa panas. Namun, sore harinya terjadi hujan lebat, terangnya.

Saat cuaca pada pagi-siang hari cerah dan terasa panas, terang dia, pertumbuhan awan Cumulonimbus (Cb) akan meningkat. Sehingga, memicu terjadinya angin puting beliung.

Teguh menambahkan, El Nino merupakan fenomena global dari sistem interaksi lautan dan atmosfer yang ditandai memanasnya suhu permukaan laut (SST) di ekuator Pasifik Tengah (Nino 3,4) atau anomali suhu muka laut di daerah tersebut positif (lebih panas dari rata-ratanya).

Baca juga :