Bendungan Randugunting di Jateng Mulai Beroperasi, Aliri Pertanian di 3 Kabupaten

Bendungan tersebut berfungsi mengairi lahan pertanian di tiga kabupaten, yakni Rembang, Pati dan Blora.
Kamis, 06 Jan 2022 09:27 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Blora, Pos Jateng - Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, mulai beroperasi sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (5/1). Bendungan tersebut berfungsi mengairi lahan pertanian di tiga kabupaten, yakni Rembang, Pati dan Blora.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjelaskan, bendungan ini tidak hanya berfungsi sebagai aliran irigasi saja, tetapi juga berpotensi besar menjadi objek wisata.

Bisa dimanfaatkan untuk sumber air bersih, termasuk nanti untuk pariwisata. Bagus sekali ini bentuknya dan ini sudah mulai terisi. Mudah-mudahan nanti bisa manfaat untuk semuanya, kata Ganjar usai peresmian Bendungan Randugunting.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo menjelaskan, bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,43 juta meter kubik. Nantinya, bendungan tersebut bisa mengairi 670 hektare sawah.

Selesainya Bendungan Randugunting ini ketahanan pangan kita akan lebih baik, kemandirian pangan semakin baik. Kunci ketahanan pangan adalah air. Air akan ada kalau kita miliki waduk sebanyak-banyaknya, katanya.

Baca juga :