Bakal Banyak 'Verboden' di Kota Yogyakarta

Langkah ini dipilih karena kapasitas jalan sulit ditingkatkan
Senin, 11 Feb 2019 17:25 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Yogyakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bakal menerapkan sistem jalan satu arah (verboden) di lebih banyak ruas jalan. Maksudnya, cara mengatasi peningkatan kepadatan lalu lintas.

Sedang dikaji oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta dan juga Dinas Perhubungan DIY mengenai manajemen lalu lintas yang bisa diterapkan untuk mengatasi meningkatnya kepadatan lalu lintas, khususnya dalam konteks wisata, ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Senin (11/2).

Dia menilai, kebijakan tersebut memungkinkan pengurangan bertemunya kendaraan yang saling berpapasan. Sehingga, mampu menurunkan rasio kepadatan lalu lintas dan arus bisa kian lancar.

Hal tersebut, tambahnya, akan meningkatkan kenyamanan, keamanan, mempercepat waktu tempuh, serta mengurangi tingkat stres pengendara. Memang, tidak semua masyarakat akan setuju atau senang, ucapnya.

Namun, jika sudah terbiasa dan merasa bisa berkendara dengan nyaman dan lancar, maka masyarakat akan memahaminya, sesumbarnya.

Baca juga :