Replika Stupa Candi Borobudur Kini Ada di Ukraina

Ukraina menyampaikan ucapan terima kasih pada Pemerintah Indonesia.
Minggu, 18 Agst 2019 09:48 WIB Author - Fathor Rasi

LONDON-Replika stupa Candi Borobudur, simbol mahakarya nusantara berukuran sama dengan aslinya dibangun KBRI Kyiv di Kebun Raya Nasional MM Gryshko, Kyiv, ibu kota Ukraina dan diresmikan Dubes RI di Ukraina, Yuddy Chrisnandi, 17 Agustus bertepatan dengan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI.

Acara peresmian berlangsung di Taman Indonesia di kawasan National Botanical Garden MM Gryshko Kyiv bertepatan dengan pelaksanaan Resepsi Diplomatik HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dihadiri sekitar 400-an orang dari berbagai kalangan, mulai dari politisi, pengusaha, para kepala perwakilan asing dan organisasi internasional berakreditasi di Ukraina, tokoh masyarakat, budayawan, pejabat tinggi Ukraina, masyarakat Indonesia di Ukraina, kalangan jurnalis media setempat, friends of Indonesia di Ukraina dan mitra KBRI.

Dalam sambutannya, Prof Dr Volodymyr Radchenko, ilmuwan Ukraina menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kerjasamanya, serta mengapresiasi upaya KBRI dalam membangun replika Stupa Borobudur dan Taman Indonesia ini di wilayah kebun raya.

Dubes Yuddy menyampaikan kegembiraannya dapat membangun replika stupa yang merupakan mahakarya nusantara, lambang simbol kebesaran peradaban bangsa Indonesia ini di Ukraina.

Pada peryaan 74 Tahun Kemerdekaan RI ini, Dubes Yuddy menyampaikan ucapan selamat menyambut Hari Kemerdekaan Ke- 28 Ukraina yang jatuh pada tanggal 24 Agustus mendatang.

Baca juga :