Pertumbuhan Ekonomi 5,17 Persen Patut Disyukuri

Capaian ini lebih bagus daripada 'emerging market' lainnya
Sabtu, 06 Apr 2019 09:57 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin menyatakan, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,17 persen tergolong tinggi di antara negara-negara G-20. Hanya kalah dari Cina dan India.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih bagus dibanding negara emerging market lainnya. Seperti Rusia, Turki, Afrika Selatan, Brazil, ujar Juru bicara TKN, M. Misbakhun, di Jakarta, Sabtu (6/4).

Menurutnya, capaian tersebut prestasi kala kondisi global takmenentu akibat perang dagang Amerika dengan Cina. Apalagi, pertumbuhan ekonomi Negeri Tirai Bambu dan India juga sedang merosot.

Ekonomi Cina menurun dari pertama double digit hingga sekarang di kisaran enam persen. Hampir tujuh persen. India yang dulu sekitar hampir 10 persen. Mendekati double digit. Sekarang hanya 7,2 persen, ucap dia.

Kemudian, ada situasi global. Di mana semua prediksi proyeksi pertumbuhan selalu dipangkas IMF dan World Bank, karena ada kondisi ketidakpastian global yang harus diantisipasi terhadap pertumbuhan ekonomi, imbuh politikus Golkar ini.

Baca juga :