Pendekatan sosial, legislator nilai PPKM mikro efektif

"Artinya, ada kebijakan dari pemerintah, ada juga pemanfaatan atau memaksimalkan inovasi warga," ujar Anggota Komisi IX DPR, Nabil Haroen.
Kamis, 04 Mar 2021 20:19 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Anggota Komisi IX DPR, Muchamad Nabil Haroen, menilai, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro sukses menekan laju penularan Covid-19 di beberapa daerah. Dalihnya, kasus positif menurun dan zona merah berkurang.

Menurutnya, hal tersebut terjadi lantaran penerapan PPKM mikro melibatkan banyak kalangan masyarakat. Pemerintah pun terus mengevaluasi strategi penanganan pandemi sekaligus memastikan tereksekusinya program-program yang tepat.

Pemerintah menjalakan PPKM dengan pelibatan pendekatan sosial. Artinya, ada kebijakan dari pemerintah, ada juga pemanfaatan atau memaksimalkan inovasi dari warga, ujarnya, Kamis (4/3).

Dalam konteks pendekatan sosial, dicontohkannya dengan menggandeng Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, pesantren, serta ormas yang berkomitmen. Pun demikian dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Meski demikian, Nabil mengakui, pendekatan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Karenanya, harus dipilih mana yang paling tepat.

Baca juga :