Menkes Pastikan 250.000 Vaksin Meningitis Tersedia Awal Oktober

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memastikan sebanyak 250.000 vaksin MM tersedia pada awal Oktober 2022.
Jumat, 30 Sep 2022 16:43 WIB Author - Kurniasari Alifta Ramadhani

Nasional, Pos Jateng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengupayakan normalisasi stok vaksin Meningitis Meningokokus (MM) bagi pelaku perjalanan termasuk calon jemaah haji dan umroh. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memastikan sebanyak 250.000 vaksin MM tersedia pada awal Oktober 2022.

Meningitis nanti di awal Oktober ada 250.000. Nanti awal Oktober sudah dapat persetujuan BPOM, kata Budi, seperti dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, Kamis (29/9).

Sementara itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan, normalisasi stok vaksin MM akan berlangsung setidaknya hingga Januari 2023. Menurut Maxi, kurangnya stok vaksin MM bagi calon jemaah terjadi lantaran salah satu produsen yang telah memperoleh izin edar BPOM saat ini tidak bisa melanjutkan produksi.

Salah satu produsen vaksin MM yang telah memperoleh izin edar dari BPOM saat ini tidak bisa melanjutkan produksi untuk kelompok vaksin ACM135 Meningococcal Polysaccharide karena sedang dalam proses pemenuhan upgrade CAPA prekualifikasi WHO. Sehingga produksi vaksin dari produsen vaksin tersebut tidak dapat dipenuhi, ujar Maxi.

Maxi menambahkan, pelayanan vaksinasi diprioritaskan bagi calon jemaah umroh yang sudah mendekati waktu pemberangkatan. Hal ini agar jemaah mendapatkan waktu yang cukup untuk pembentukan antibodi.

Baca juga :