Berharap P4S Sebagai Penggerak Pembangunan Pertanian dan Perdesaan

P4S memiliki kelebihan ketimbang penyuluh pegawai negeri sipil, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).
Kamis, 06 Okt 2022 21:59 WIB Author - Hermansah

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya atau P4S berperan amat penting dalam menggerakkan pembangunan pertanian dan perdesaan. Bukan hanya sebagai pelaku utama, P4S juga menjadi pelaku usaha, bahkan penyuluh bagi petani di perdesaan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi, memastikan P4S adalah pelopor dan motivator, serta motor penggerak pembangunan perdesaan. Ciri utama mereka, jelas Dedi, adalah inovasi yang menonjol.

Selain itu, P4S memiliki frekuensi yang sama dengan petani. Ciri-ciri ini, kata Dedi, membuat P4S memiliki kelebihan ketimbang penyuluh pegawai negeri sipil, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) atau tenaga harian lepas-tenaga bantu penyuluh pertanian (THL-TBPP).

Pengelola P4S adalah petani yang maju, agresif, dan adaptif dalam perubahan memanfaatkan teknologi terkini. Karena satu frekuensi dengan petani, membuat transfer pengalaman dan semangat lebih mudah dari pada penyuluh (PNS, P3K, dan THL-TBPP), tutur Dedi belum lama ini.

Dedi menuturkan, P4S adalah pelaku utama yang bukan hanya berusaha di on farm (tanam dan panen), tapi juga sebagai pelaku usaha. P4S menginisiasi bisnis pertanian dan pelopor pengolahan produk pangan yang memberikan nilai tambah. Saya melihat P4S tak sekadar mampu membuat produk keren, tapi juga olahanya juga keren. Ini luar biasa, kata dia.

Baca juga :