Layanan Jepara Tanggap 112, Wakil Bupati
Layanan Jepara Tanggap 112 Diluncurkan, Wakil Bupati Berharap Aduan Masyarakat Cepat diatasi
Pemerintah Kabupaten Jepara secara resmi memperkenalkan layanan pengaduan dan respons darurat melalui program Jepara Tanggap 112. Inisiatif ini diresmikan oleh Wakil Bupati Jepara Muhammad Ibnu Hajar di Pendapa Kartini pada Senin (19/5).
Wakil Bupati menjelaskan, Jepara Tanggap 112 merupakan platform layanan publik yang terintegrasi untuk menerima pengaduan dari masyarakat, baik terkait keadaan darurat maupun masalah umum.
“Ini adalah refleksi dari misi utama kami, yang bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan responsif dengan memanfaatkan digitalisasi dalam pelayanan publik,” jelas Hajar, sapaan akrabnya.
Ia berpendapat, keberadaan layanan ini membuktikan bahwa proses birokrasi di Kabupaten Jepara kini bertransformasi dari cara konvensional menjadi digital, dan batas-batas sektoral mulai diubah menjadi kolaborasi antarlembaga dalam format digital.
Wakil Bupati berharap, agar Jepara Tanggap 112 bisa memberikan keuntungan dan mendukung masyarakat Jepara, khususnya dalam menyampaikan pengaduan dan situasi darurat. Untuk itu, ia meminta agar setiap pengaduan masyarakat segera ditanggapi dan didokumentasikan, yang kemudian akan disebarluaskan melalui media sosial yang dikelola masing-masing instansi.
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara Arif Darmawan mengungkapkan, Jepara Tanggap 112 akan menawarkan berbagai layanan darurat, seperti kesehatan, pemadaman kebakaran, bencana alam, lalu lintas, serta berkolaborasi dengan kepolisian.
“Nomor 112 ini bisa dihubungi bahkan ketika tidak memiliki pulsa, alias tanpa biaya,” tegasnya.
Diketahui, layanan ini dapat diakses setiap Senin sampai Minggu, mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.
Sebagai catatan, setiap pengaduan yang diterima, akan dicatat oleh operator melalui aplikasi, dan instansi terkait akan menerima notifikasi tiket pengaduan untuk segera diproses.
Sumber: jatengprovgoid
Komentar