23 Kelompok Tani di Klaten Terima Bantuan Sarana Angkut Panen

23 Kelompok Tani di Klaten Terima Bantuan Sarana Angkut Panen Bupati Klaten, Sri Mulyani saat menyerahkan bantuan motor roda tiga kepada poktan. Foto: klatenkab.go.id

Klaten, Pos Jateng - Sebanyak 23 kelompok tani menerima bantuan perlengkapan penunjang pertanian berupa motor roda tiga. Bantuan dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten itu dapat dimanfaatkan sebagai sarana angkut hasil panen petani.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian,” kata Bupati Klaten, Sri Muyani dalam keteranganya di klatenkab.go.id, Rabu (27/10).

Bupati menjelaskan, bantuan yang diberikan merupakan stimulan bagi petani agar meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian. Menurutnya, Pemkab Klaten berkomitmen untuk mendorong dan mendukung sektor pertanian.

“Bantuan tidak hanya berhenti di sini, bantuan-bantuan lain juga akan terus diberikan kepada petani. Sebelumnya juga diserahkan alsintan (alat dan mesin pertanian) kepada kelompok tani di Polanharjo, ke depannya akan ada lagi yang disalurkan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala DPKPP Klaten, Widiyanti mengatakan, bantuan tersebut merupakan pemanfaatan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) tahun 2020. Hal ini sehubungan Kabupaten Klaten sebagai salah satu daerah penghasil tembakau.

“Penyaluran bantuan ini hasil dari DBH-CHT 2020. Pendistribusiannya bersamaan dengan diselenggarakannya kegiatan pertemuan business matching dan promosi produk pertanian unggulan Kabupaten Klaten,” terangnya.