Narso sayangkan penggunaan DBHCHT untuk perbanyak papan reklame

Padahal penggunaan dana tersebut seharusnya lebih bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati.
Jumat, 28 Jul 2023 23:43 WIB Author - Hermansah

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PatiNarso,mengungkapkan keprihatinannya terkait penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang belum sesuai dengan peruntukkannya. Ia menyoroti Pemerintah Kabupaten Pati yang dinilai seringkali menggunakan dana tersebut untuk keperluan yang kurang penting.

Dalam keterangan yang diberikan pada Kamis (27/7), Narso menyayangkan penggunaan DBHCHT untuk memperbanyak papan reklame di berbagai sudut kota. Padahalpenggunaan dana tersebut seharusnya lebih bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati.

Sepengetahuan saya, DBHCHT seharusnya sudah diplot sesuai komposisinya. Sebaiknya penggunaannya tahun ini tidak dihambur-hamburkan dengan membuat terlalu banyak baliho, ujar Narso.

Narso juga menekankan bahwa penggunaan DBHCHT haruslah berkontribusi dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati. Dana hibah dari pemerintah pusat tersebut seharusnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Bumi Mina Tani.

Selama ini, DBHCHT telah digunakan untuk beberapa program pembangunan dan sosial di Kabupaten Pati, termasuk pembangunan infrastruktur, bantuan sosial, sosialisasi penegakkan hukum, pengadaan alat pertanian, dukungan sektor kesehatan, dan penyangga sektor ekonomi.

Baca juga :