KA Joglosemarkerto Diluncurkan Besok

kereta api akan melintasi kota-kota di Jateng-DIY (PP)
Jumat, 30 Nov 2018 10:01 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Purworejo - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan meluncurkan KA Joglosemarkerto, Sabtu (1/12). Kereta api (KA) bakal melintasi sejumlah daerah di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) secara melingkar (loop).

KA Joglosemarkerto dirilis, lantaran mobilisasi masyarakat di wilayah Purwokerto, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Kroya, Prupuk, dan Tegal cukup berkembang. Meski ada perjalanan KA yang melintasi kota-kota itu, namun memerlukan perpindahan antar-KA.

Nantinya dengan KA Joglosemarkerto ini, penumpung hanya naik satu KA, tidak perlu ganti KA lain dan sudah bisa keliling Jateng dan DIY, ujar Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 5 Purwokerto, Supriyanto, Jumat (30/11).

KA komuter ini, merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Stasiun Tawang Semarang-Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta-Solo-Tawang. Perpanjangan relasi turut dilakukan pada KA Joglokerto yang semula melintasi Purwosari-Purwokerto PP, diteruskan hingga Semarang-Solo-Yogyakarta.

Peluncuran perdana perjalanan KA Joglosemarkerto bakal dilaksanakan dengan tiga KA yang akan diberangkatkan sesuai jadwal dari Stasiun Purwokerto, Tawang Semarang Tawang, dan Balapan Solo. KA akan memakai rangkaian dua kereta eksekutif kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta ekonomi kapasitas 560 tempat duduk.

Baca juga :