Disdukcapil Gandeng KPU Jepara Rekam KTP-el Bagi Pemilih Pemula

Disdukcapil Jepara bersama KPU setempat menggelar perekaman KTP-el dan pendataan pemilih pemula di sejumlah sekolah menengah atas.
Rabu, 16 Mar 2022 16:57 WIB Author - Inas Mufidatul Insyiroh

Jepara, Pos Jateng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara menggelar perekaman KTP-el dan pendataan pemilih pemula di sejumlah sekolah menengah atas. Kegiatan yang bekerja sama dengan KPU Kabupaten Jepara ini dilakukan untuk mempersiapkan tahapan Pemilu tahun 2024.

Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara, Dwi Riyanto mengatakan, sinergi antara Disdukcapil dengan KPU ini ibarat sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampui. Di satu sisi, Disdukcapil diuntungkan dalam capaian target kepemilikan KTP-el, di sisi lain pendataan pemilih pemula yang dilakukan KPU juga terlaksana.

Ke depan, pola kerja sama seperti ini perlu terus dipupuk dan dikembangkan. Dalam waktu dekat, kami sudah membuat jadwal sekolah mana saja yang akan kita kunjungi untuk perekaman KTP-el massal, kata Dwi Riyanto saat meninjau kegiatan perekaman KTP-el di SMA Negeri 1 Jepara, Selasa (15/3).

Ketua KPU Kabupaten Jepara, Subchan Zuhri mengapresiasi kerja sama tersebut. Menurutnya, hasil perekaman KTP-el secara massal ini akan mendukung program KPU dalam melakukan pendataan pemilih, khususnya bagi pemilih baru yang berasal dari kalangan pelajar.

Kerja sama Disdukcapil dan KPU ini saya yakin akan bermanfaat untuk percepatan perekaman KTP bagi warga Jepara yang sudah wajib KTP maupun untuk mempercepat pendataan pemilih baru bagi warga Jepara yang sudah mempunyai hak sebagai pemilih, yakni salah satu syaratnya berusia 17 tahun, sebutnya.

Baca juga :