Belum Capai Target 60%, Bupati Pati Dorong AIHSP-PMI Kebut Vaksinasi Lansia

Bupati Pati berharap, kerja sama antara AIHSP dan PMI Pati dapat meningkatkan capaian vaksinasi lansia yang masih berada di angka 55%.
Selasa, 19 Apr 2022 14:55 WIB Author - Inas Mufidatul Insyiroh

Pati, Pos Jateng Bupati Pati, Haryanto, mendukung kerja sama antara Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati dan Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, terutama dengan sasaran masyarakat lanjut usia (Lansia). Pasalnya, capaian vaksinasi untuk lansia saat ini masih 55%.

Karena kalau kita lihat data yang ada, secara keseluruhan itu memang vaksin sudah 72%. Namun untuk lansia, kalau dipilah-pilah baru 55%. Masih urutan bawah, dan kalau di Jawa Tengah kita masih termasuk rendah, sebut Haryanto dalam acara sosialisai Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP), Senin (18/4).

Haryanto melanjutkan, pihaknya akan segera menurunkan relawan PMI untuk membantu vaksinasi door to door yang menyasar kelompok tersebut. Demi mengantisipasi kendala yang mungkin muncul di lapangan, pihak desa, Babinsa, hingga Bhabinkamtibmas juga akan dikerahkan.

Kita datangi door to door, dijemput ke vaksinator, dan dibawa ke tempat-tempat vaksinasi. Nanti kalau kesulitan ya kerja sama dengan pihak desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, jelasnya.

Lebih jauh lagi, ia menyebut bahwa relawan PMI juga akan dibekali dengan surat tugas yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Bukan hanya itu, Haryanto juga telah menyediakan penghargaan bagi relawan yang menyelesaikan tugas dengan baik.

Baca juga :