Tangkal Covid-19, masyarakat perlu benahi sikap dan laku

Kasus Covid-19 di Tanah Air kembali meroket. Ini saran pengamat untuk mengendalikan pandemi.
Kamis, 17 Jun 2021 08:44 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Kasus positif Covid-19 di Tanah Air terus meningkat beberapa pekan terakhir. Pakar menilai, ada dua hal yang mesti masyarakat benahi agar kondisi tidak semakin memburuk.

Sosiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Sunyoto Usman, mengungkapkan, ada empat tingkatan dalam menyikapi kasus Covid-19, yakni pengetahuan, kesadaran, sikap, dan tindakan. Pengetahuan mengenai pandemi sudah tersebar dan kesadaran publik mulai timbul.

Tapi yang masih harus dibenahi itu kaitannya dengan sikap dan tindakan. Sikap dan tindakan itu level analisisnya sudah komunal. Kalau kesadaran itu relatif masih individual atau kelompok kecil, katanya, Rabu (16/6).

Sunyoto memberikan contoh bagaimana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) berhasil menciptakan sikap dan gerakan secara komunal lintas kabupaten/kota dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Penanganan di Kudus, misalnnya, melibatkan dokter dari wilayah lain.

Sikap dan tindakan itu melibatkan multi-stakeholder, sudah pada ruang lingkup yang lebih luas. Kalau hanya bicara kesadaran, masih butuh sikap, dibutuhkan tindakan dan itu sifatnya komunal, tuturnya.

Baca juga :