Pemerintah Datangkan 10.000 Dosis Vaksin Khusus Penyakit Kuku dan Mulut Hewan

Vaksin yang dikirim dari Perancis tersebut langsung didistribusikan ke seluruh wilayah merah persebaran PMK untuk dilakukan vaksinasi.
Rabu, 15 Jun 2022 11:02 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Nasional, Pos Jateng - Pemerintah mendatangkan 10.000 dosis vaksin hewan ternak khusus Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Vaksin yang dikirim dari Perancis tersebut langsung didistribusikan ke seluruh wilayah merah persebaran PMK untuk dilakukan vaksinasi pada hewan ternak setempat.

Tentu ini hal yang sangat menggembirakan bagi kami, karena upaya yang kita siapkan berjalan sesuai jadwal. Sesuai janji Kami vaksin akan tiba di minggu kedua Juni 2022, kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri, dilansir dari kementan.go.id, Senin (13/6).

Kuntoro menjelaskan, secara keseluruhan pihaknya memesan total 800 ribu dosis vaksin yang akan datang dalam minggu ini. Nantinya, vaksin didistribusikan sesuai kebutuhan daerah dengan memperhatikan peta sebaran penyakit yang terjadi saat ini.

Kuntoro menjelaskan, adapun skema penggunaan vaksin ini nantinya disuntikkan pada hewan sehat yang belum terkena PMK, namun berada di wilayah zona merah atau tertular.

Jadi nanti secara bertahap akan disuntikkan pada hewan ternak di sumber pembibitan ternak, sapi perah milik Rakyat dan koperasi Susu, serta ternak sapi potong di daerah berisiko tinggi. Kita sudah susun prioritas vaksinasi berdasarkan faktor resikonya, lanjutnya.

Baca juga :