Pemerintah antisipasi lonjakan kasus Covid-19 seperti di India

"Larangan mudik itu, kan, salah satu upaya kita menjaga supaya mengurangi mobilitas," kata Jubir Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.
Rabu, 21 Apr 2021 09:16 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 sehingga lonjakan kasus seperti di Indonesia tidak terjadi. Mengedukasi masyarakat, salah satu kiatnya.

Kita terus-menerus mengedukasi masyarakat. Adanya larangan mudik itu, kan, salah satu upaya kita menjaga supaya mengurangi mobilitas, kata Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, Selasa (20/4).

Strategi berikutnya, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, khususnya di daerah-daerah tujuan mudik serta zona merah. Lalu, penguatan pengetesan (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) atau 3T dengaan fokus utama daerah tujuan mudik.

Kita tahu, bahwa vaksin, kan, memberikan perlindungan kepada individu untuk dia tidak menjadi sakit. Kalaupun sakit, tidak parah atau berakhir kematian. Itu perlindungan yang diberikan, paparnya.

Karenanya, masyarakat diharapkan menahan diri agar tidak mudik. Peningkatan kasus selalu berhubungan dengan mobilitas yang tinggi, katanya mengingatkan.

Baca juga :