Menteri Agama: Momentum Tri Suci Waisak Untuk Evaluasi Diri

Menag Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa setiap agama memiliki momentum untuk mengevaluasi diri. Apa pesannya di perayaan Waisak?
Minggu, 19 Mei 2019 02:41 WIB Author - Rina Suci

MAGELANG - Umat Buddha di Indonesia hari ini, Minggu (19/5) merayakan Hari Raya Waisak. Namun, perayaan ini telah dimulai sejak Sabtu (18/5) malam di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Hadir dalam perayaan tersebut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewakili Pemerintah Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Lukman mengatakan bahwa keberagaman yang menjadi ciri khas Indonesia hakekatnya merupakan kekuatan, bukan hal yang melemahkan.

Kita menghargai kebangsaan kita dengan kebhinekaan kita, perbedaan bukanlah kelemahan melainkan kekuatan, sambutan Lukman pada perayaan Tri Suci Waisak di pelataran Candi Borobudur, Sabtu (18/5) malam.

Lukman juga menegaskan bahwa demokrasi terbukti mampu mengelola keberagaman yang ada di Indonesia. Keberagaman juga merupakan intrepretasi dalam kehidupan umat beragama yang dalam konteks demokrasi sebagai upaya untuk membangun semangat kebersamaan.

Oleh karena itu, perhatian pada kehidupan beragama dan berdemokrasi menjadi sangat penting, tegas Lukman.

Baca juga :