Maksud Jokowi baik, ajak masyarakat cinta produk lokal

. Inas menilai tidak ada yang salah dari pernyataan Jokowi di depan jajaran Kemendag.
Sabtu, 06 Mar 2021 14:54 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat membenci produk asing memiliki maksud baik. Karena itu, Wakil Ketua Dewan Penasihat Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir mengajak masyarakat tidak terus berpolemik dengan pernyataan tersebut.

Ajakan itu Jokowi sampaikan saat membuka rapat kerja nasional (rakernas) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis 4 Maret 2021. Inas menilai tidak ada yang salah dari pernyataan Jokowi di depan jajaran Kemendag.

Beliau mengajak kita untuk cinta dan bangga pada produk dalam negeri, yang kemudian dilanjutkan dengan ucapan bencilah produk impor, karena konteksnya pada saat itu adalah market place, kata Inas kepada wartawan, Jumat (5/3).

Pernyataan Jokowi merespons market place yang lebih banyak menawarkan produk-produk impor ketimbang produk UMKM Indonesia. Bahkan,platform asli Indonesia pun lebih banyak menawarkan barang-barang impor.

Apakah Pak Jokowi kecewa? Sudah pasti! Sebagai presiden, beliau selama ini banyak memberikan perhatian kepada UMKM dan IKM, ujar Inas.

Baca juga :