Kemenkes Investigasi Faktor Risiko Kasus Hepatitis Akut pada Anak

Kemenkes bekerja sama dengan Dinkes DKI Jakarta menginvestigasi faktor risiko kasus Hepatitis Akut pada anak.
Jumat, 06 Mei 2022 12:14 WIB Author - Rani Nurul Arifah

Nasional, Pos Jateng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menginvestigasi faktor risiko kasus Hepatitis Akut pada anak. Hal ini disampaikan Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, pada keterangan pers di Jakarta, Kamis (5/5).

Sebelumnya, penyakit Hepatitis Akut yang terjadi di beberapa negara diduga telah masuk ke Indonesia setelah adanya tiga anak yang dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit tersebut.

Nadia menjelaskan, berdasarkan hasil investigasi kontak kasus meninggal dunia, ketiga korban datang ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) saat kondisinya sudah stadium lanjut. Oleh karena itu, tenaga kesehatan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan tindakan pertolongan.

Berdasarkan hasil investigasi kontak terhadap kasus yang meninggal dunia, ketiganya datang ke fasilitas kesehatan pada kondisi stadium lanjut, sehingga hanya memberikan sedikit waktu bagi tenaga kesehatan untuk melakukan tindakan pertolongan, jelas Nadia dilansir dari situs sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Diketahui ketiga korban merupakan anak yang masing-masing berusia 2 tahun, 8 tahun, dan 11 tahun.

Baca juga :