Jokowi Singgung Minimnya Pengurus Perempuan di Gerindra

Prabowo membahas keberadaan Rachmawati Soekarnoputri
Kamis, 17 Jan 2019 22:19 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Jakarta - Capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), mengkritisi minimnya kuantitas perempuan dalam struktur organisasi Partai Gerindra yang dipimpin penantangnya, Prabowo Subianto.

Saya melihat dalam struktur pengurusan partai yang Bapak pimpin, seperti ketua umum, dewan pembina, sekjen, bendahara, semuanya laki-laki. Bagaimana Bapak menjawab inkonsistensi ini? tanyanya dalam debat perdana kandidat Pilpres 2019, Jakarta, Kamis (17/1).

Gayung bersambut. Prabowo menyatakan, dirinya memilih pengurus berdasarkan kerelaan kader. Sebab, organisasi politik besutannya masih terbilang muda.

Kita memilih dan menunjuk siapa yang paling pertama dan paling mau muncul, tapi benar, yang di eselon. Contoh, waketum. Cukup kita punya Waketum Rachmawati Soekarnoputri. Beliau bertanggung jawab di ideologi, tambah dia menjawab pertanyaan Jokowi.

Namun, Prabowo mengingatkan, jumlah calon legislatif (caleg) perempuan yang disodorkan Gerindra pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mencapai 40 persen. Artinya, lebih tinggi daripada amanat peraturan perundang-undangan.

Baca juga :