Cacar Monyet Dikonfirmasi Masuk Indonesia, Pasien Alami Demam hingga Muncul Ruam di Muka

Pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis.
Senin, 22 Agst 2022 11:00 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Jakarta, Pos Jateng - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi satu warga DKI Jakarta menderita monkeypox (cacar monyet). Pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular.

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril mengatakan, gejala yang dikeluhkan pasien tersebut di antaranya demam, pembesaran kelenjar, muncul cacar atau ruam di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian di sekitar alat genitalia.

Saat ini pasien dalam keadaan baik, tidak sakit berat dan ada cacarnya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan dan kaki. Pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit, tapi cukup isolasi mandiri, ungkap Syahril dalam keterangan pers, Sabtu (20/8).

Syahril mengatkan, Kemenkes juga sudah melakukan pemantauan intensif di seluruh pintu masuk Indonesia, baik dari udara, laut, maupun darat yang berhubungan langsung kepada negara-negara yang sudah melaporkan adanya kasus monkeypox.

Pemerintah juga sudah memberikan status kewaspadaan kepada seluruh maskapai penerbangan dan pelabuhan untuk bersama memberikan suatu kewaspadaan apabila ada penumpangnya yang mempunyai gejala cacar monyet.

Baca juga :